Vidskippy 2.0

Tips dan Langkah Terpenting Menjaga Kesehatan Otak

Setiap orang harus bisa menjaga kesehatan otak sebab organ ini memiliki peran yang sangat vital pada kehidupan. Jika kesehatan organ otak terganggu, akan banyak sekali masalah yang muncul. Misalnya kekurangan kontrol emosi, jadi pelupa dan yang paling parah adalah hilang ingatan alias gila.

Struktur dan kinerja otak memang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Namun risiko ini dapat dikurangi apabila rajin melakukan beberapa kegiatan setiap hari. Kegiatan ini tidak hanya dianjurkan untuk orangtua saja, tapi juga anak-anak, remaja dan orang dewasa.

  1. Aktif Melakukan Gerakan Fisik

Sudah banyak hasil penelitian yang menunjukan jika gerakan fisik terutama olahraga sangat bagus dilakukan untuk menjaga otak agar tetap sehat. Jenis olahraga terbaik untuk menggapai tujuan tersebut yaitu joging, fitness dan aerobik. Dengan berolahraga paling sedikit selama 30 menit saja setiap hari, sistem kerja pada otak dapat ditingkatkan.

Sebaiknya gerakan fisik atau olahraga ini dilakukan sebanyak 5 kali per minggu. Tidak hanya bisa menjaga kesehatan otak saja, olahraga juga dapat memperbaiki sistem sirkulasi darah, mengurangi risiko stress dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Segala asupan yang masuk ke dalam tubuh selalu berpengaruh terhadap kinerja dan kesehatan otak. Untuk itu, konsumsilan makanan sesuai kebutuhan dan kurangi asupan garam, gula dan lemak jenuh tinggi.

Konsumsi makanan yang mengandung serat khususnya sayur dan buah-buahan harus selalu diperbanyak. Termasuk makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks misalnya gandum.

Makanan sehat lain yang bisa menyehatkan otak yaitu makanan yang mempunyai kandungan B6, B12 dan asam folat. Nutrisi ini dapat mengurangi risiko lupa ingatan. Sayur warna hijau seperti bayam dan kangkung menjadi sumber terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin B6 dan vitamin B12.

  1. Rajin Melibatkan Diri di Kegiatan Sosial

Salah satu jenis gangguan kesehatan otak yang sering dialami manusia adalah demensia atau mudah emosi dan lupa. Tapi apabila rajin melakukan kegiatan sosial, risiko terkena demensia bisa dikurangi secara optimal. Demikian pula dengan kegiatan positif lain misalnya berteman dan berkomunikasi dengan masyarakat sekitar maupun komunitas.

Interaksi dan komunikasi yang dilakukan bersama sahabat, keluarga dan orang-orang terdekat bisa memperlambat proses penurunan daya ingat khususnya bagi orang dewasa dan orangtua. Lebih dari itu, dengan bersosialisasi pada orang lain dan lingkungan sekitar akan mengurangi risiko tekanan jiwa dan depresi.

  1. Olahraga Otak

Contoh dari olahraga otak antara lain adalah memainkan alat-alat musik, menyanyi, bermain catur, mengisi TTS atau teka-teki silang, dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut akan memicu otak untuk berolahraga dan secara otomatis bisa menjaga kesehatan otak dari segala macam gangguan.

Melalui kegiatan ini banyak manfaat yang bisa diperoleh. Misalnya meningkatkan daya ingat, daya nalar, menambah jumlah sel pada otak dan meminimalkan serangan demensia. Apabila tidak punya kemampuan memainkan alat musik dan bernyanyi atau main catur, dapat diganti dengan membaca majalah atau novel dan kegiatan lain yang mendorong otak terus bekerja.

  1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur serta istirahat yang cukup juga menjadi sarana ampuh untuk membuat otak selalu sehat bagi semua usia. Hindari begadang dan tidur terlalu larut agar saat bangun otak selalu berada dalam kondisi segar, bugar dan selalu siap menjalankan kegiatan sehari-hari.

  1. Mencegah Faktor Risiko

Obesitas atau kelebihan berat badan, hipertensi dan kolesterol tinggi merulakan faktor-faktor yang paling sering memunculkan gangguan kesehatan otak. Semua jenis penyakit ini selalu berdampak pada penyumbatan pembuluh darah di organ otak. Karena itu terapkan pola hidup sehat jika ingin menjaga kesehatan otak secara maksimal.

"Seketika Dpt Untung dari Dropship"Action
+ +