Vidskippy 2.0

Kiat Menumbuhkan Motivasi Menjalankan Ibadah Bagi Semua Pemeluk Agama

Salah satu penyebab utama mengapa orang sering merasa malas menjalankan ibadah adalah kurangnya motivasi dari diri sendiri guna melaksanakan kewajiban tersebut. Karena itu butuh beberapa kiat menumbuhkan motivasi menjalankan ibadah dan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa. Kiat ini berlaku untuk semua pemeluk agama.

  1. Menjaga Semua Indra dari Segala Godaan

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin memiliki motivasi tinggi untuk beribadah adalah selalu menjaga semua indra dari segala pengaruh buruk. Mata harus dijaga agar tidak melihat segala sesuatu yang menjadi larangan Tuhan. Demikian pula telinga, diusahakan untuk tidak mendengar kata-kata negatif.

Sedangkan lidah serta mulut tidak boleh dipakai untuk berkata bohong, keji atau dusta. Kulit yang berfungsi sebagai alat peraba juga hanya digunakan untuk meraba hal-hal yang baik saja dan dijauhkan dari perbuatan-perbuatan jelak. Terakhir hidung, merupakan indra penciuman, dihindarkan dari aroma-aroma yang mengundang nafsu duniawi.

  1. Menjauhi Pergaulan Tidak Sehat

Untuk memunculkan semangat tinggi dalam beribadah, tips kedua adalah menjauhi pergaulan tidak sehat. Maksud dari pergaulan tidak sehat yaitu suatu lingkungan atau komunitas dimana sebagian besar anggotanya tidak suka melaksanakan ibadah. Mereka lebih senang mengurus hal-hal yang bersifat materi dan tidak pernah berpikir melakukan kegiatan kerohanian.

Kekayaan, tahta dan popularitas selalu menjadi target pertama dalam pergaulan. Orang-orang dengan karakter seperti inilah yang tidak boleh dijadikan teman. Pilih pergaulan dan sahabat yang lebih mengedepankan ketenangan batin. Dari mereka, dorongan untuk beribadah dapat selalu hadir.

  1. Belajar dan Mendalami Ilmu Agama

Tips serta kiat menumbuhkan motivasi menjalankan ibadah, rajin belajar dan tidak pernah lalai mendalami ilmu agama. Jangan sungkan untuk bertanya pada mereka yang lebih ahli dalam urusan ibadah sesuai dengan agama maupun kepercayaan masing-masing. Dijamin para ahli agama akan bersenang hati membagikan ilmunya.

Komunitas dan organisasi keagamaan perlu didekati demi mendapatkan ilmu yang lebih luas sehingga bisa memperoleh pengetahuan yang mencukupi untuk mendekatkan diri pada Tuhan Sang Maha Kuasa. Selain itu jangan pelit membeli buku-buku tentang agama dan ketika tidak punya dana yang mencukupi, bisa datang ke perpustakaan atau membuka media online.

  1. Selalu Ingat Kematian dan hari Pembalasan

Semua orang pasti akan mengalami kematian dan setiap agama pasti mengasih ajaran tentang hari pembalasan. Karena itu, kiat menumbuhkan motivasi menjalankan ibadah keempat adalah selalu ingat dengan kedua urusan tersebut.

Salah satu tujuan ibadah adalah agar dapat menyiapkan diri menghadapi kematian khususnya segi kesiapan mental. Melalui ibadah yang dijalankan dengan tulus dan ikhlas, kematian tidak akan dianggap sebagai suatu peristiwa yang menakutkan.

Dengan ibadah pula keyakinan atas pembalasan dari Tuhan senantiasa tertanam kuat di dalam hati. Orang yang selalu taat beribadah tidak pernah merasa takut terhadap balasan dari Tuhan, karena Tuhan berjanji memberi balasan terbaik bagi siapa saja yang selalu ingat kepadaNya.

  1. Memahami Manfaat Ibadah

Kegiatan ibadah memang hanya ditujukan pada Tuhan saja. Namun apabila dijalankan secara mantap dan tidak ada unsur karena terpaksa, pasti akan membuat hati menjadi tenang, damai dan jauh dari  prasangka-prasangka negatif. Sifat iri, dengki, mudah marah, emosi tidak dapat muncul dalam hati dan pikiran ketika selalu ingat akan semua anugerah dari Tuhan.

Bersedia memahami manfaat berdoa menjadi kiat menumbuhkan motivasi menjalankan ibadah yang kelima. Caranya?, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ibadah tidak boleh dilakukan atas dasar keterpaksaan. Maksud dari terpaksa misalnya karena ingin mendapatkan pujian atau tujuan-tujuan tertentu yang tidak terkait dengan upaya pendekatan diri pada Sang Pencipta Alam.

"Seketika Dpt Untung dari Dropship"Action
+ +