Vidskippy 2.0

Drone, Alat Penginderaan Jauh yang Terjangkau

Drone – Istilah Drone mungkin sudah tidak asing lagi bagi kaum urban masa kini. Ya, istilah ini digunakan untuk menyebutkan suatu alat yang berbentuk menyerupai pesawat namun tidak ada pilot yang duduk untuk menjalankannya. Prinsip kerja drone menyerupai pesawat mungil yang memiliki segudang peruntukkan bermanfaat bagi kaum urban masa kini.

Drone tidak memiliki pilot, alat ini sudah sangat canggih karena penggunanya hanya akan bermain dengan remote control untuk mengoperasikan drone. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu serta biaya pengguna untuk mendapatkan data dan informasi dengan menggunakan drone.

Awal mula penggunaan drone

Drone pada awalnya hanya digunakan oleh militer untuk menjangkau area yang sulit dan tidak memungkin untuk menggunakan pesawat biasa. Hal ini berguna untuk meminimalisir kemungkinan terburuk bagi anggota militer serta mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat saja terjadi.

Pada era modern seperti sekarang ini, prinsip kerja drone tidak hanya untuk operasi militer saja. Sudah banyak bidang ilmu serta kajian yang memanfaatkan teknologi canggih drone. Prinsip kerja drone hampir sama dengan satelit dan pesawat biasa yang melakukan foto udara. Sehingga alat ini dapat digunakan untuk melakukan penginderaan jauh.

Drone, alat penginderaan yang terjangkau karena dibandingkan dengan menggunakan lata lain seperti satelit dan pesawat biasa, alat ini memang jauh lebih murah. Cangkupan area yang dapat dijangkau oleh drone juga lumayan luas yaitu sekitar 1000 meter tergantung jenis kamera yang digunakan untuk mengambil data.

Biaya yang relatif murah juga menjadikan drone alat penginderaan jauh yang terjangkau. Hal ini karena drone dalah pesawat tanpa awak sehingga tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk ongkos pilot. Ongkos untuk pengendali remote control drone tentunya lebih terjangkau daripada seorang pilot yang harus mengudara mengendarai pesawat dan mengambil data.

Drone sebagai alat penginderaan jarak jauh

Julukan drone, alat penginderaan jauh yang terjangkau juga beralasan karena biaya untuk bahan bakar juga menjadi lebih murah. Prinsip kerja drone yang bisa membawa empat liter BBM tipe Pertamax dengan sekali jalan mencakup wilayah 400 km juga menjadi pencapaian yang luar biasa. Hal ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bahan bakar yang dibutuhkan untuk satu pesawat terbang yang melakukan foto udara.

Dengan data hasil yang sama dengan foto udara dari pesawat, drone terbilang lebih terjangkau karena biaya pembuatan alatnya juga jauh lebih murah. Anda hanya butuh serat fiber dan komposit dengan percampuran sekitar 70 persen untuk penggunaan bahan lokal.

Pemanfaatan drone sebagai alat penginderaan saat ini sudah dilakukan beberapa instansi pemerintahan seperti LAPAN, dan departemen-departemen yang memerlukan data spasial sebagai sumber informasi. Drone sebagai alat penginderaan jauh yang terjangkau dan multifungsi juga dapat digunakan untuk pemetaan wilayah perikanan, pertanian, daerah pesisir, serta kehutanan.

"Seketika Dpt Untung dari Dropship"Action
+ +