Vidskippy 2.0

Cara Menjaga Kesehatan Telinga agar Jauh dari Gangguan Pendengaran

Sumber utama dari gangguan pendengaran adalah karena ada masalah di organ telinga. Agar gangguan ini dapat dihindari, orang harus tahu cara menjaga kesehatan telinga secara tepat dan benar. Apalagi telinga merupakan bagian tubuh yang mudah terkena kotoran dan lembab.

Sebenarnya setiap telinga telah memiliki sistem khusus untuk membersihkan diri dengan cara memproduksi cairan berwarna kuning yang dinamakan serumen. Ketika sedang tidur, telinga akan mengeluarkan serumen yang akan membersihkan kotoran dan membunuh kuman.

Meskipun demikian perawatan secara manual tetap diperlukan agar kebersihan dan kesehatan telinga dapat terjaga secara lebih optimal. Sehingga fungsi pendengaran pada organ ini selalu berjalan normal.

Hindari Penggunaan Cotton Bud

Cara termudah untuk membersihkan telingga adalah memakai cotton bud. Namun teknik ini tidak dibenarkan karena bisa membuat kotoran jadi lebih mudah masuk dalam lubang telinga. Selain itu cotton bud juga dapat menimbulkan luka jika pemakaiannya tidak dilakukan secara hati-hati.

Jadi lebih baik menggunakan alat pembersih khusus untuk telinga yang selalu tersedia di toko obat atau apotik. Tetapi harus selalu diingat, pemakaian alat ini juga tidak boleh terlalu sering dilakukan. Seperti yang sudah dijelaskan, telinga dilengkapi dengan sistem pembersihan diri.

Kebersihan Lingkungan dan Penggunaan Baby Oil

Menjaga kebersihan lingkungan juga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan telinga terutama kamar tidur. Lebih spesifik lagi adalah kasur, bantal, baju tidur dan selimut. Perabot ini harus sering dibersihkan dan tidak boleh ada sedikitpun yang kotor.

Kemudian apabila ingin membersihkan daun telinga, barulah cotton bud boleh digunakan dan untuk hasil yang lebih optimal celupkan lebih dulu cotton bud pada baby oil sebelum dipakai. Bersihkan secara tuntas bagian terluar dari telinga tersebut, sehingga tidak ada kotoran yang tersembunyi dan mengendap.

Saat Melakukan Perjalanan Udara

Saat berada dalam pesawat atau melakukan perjalanan udara, kadangkala telinga akan terasa mendengung dan sakit akibat suara mesin yang sangat keras dan menderu-nderu. Jika sering dibiarkan, akan membuat fungsi pendengaran jadi terganggu. Untuk itu gunakan alat khusus penutup telinga yang biasanya selalu disediakan oleh kru pesawat.

Penggunaan Earphone

Penggunaan earphone atau headphone yang beberapa tahun ini semakin ngetrend harus selalu diwaspadai. Jangan menggunakan volume suara yang terlalu keras. Dalam jangka waktu lama alat ini bisa menimbulkan gangguan pada fungsi pendengaran. Dampak paling fatalnya yaitu telinga menjadi tuli.

Terapi Lilin

Metode paling tepat lainnya untuk menjaga kesehatan telinga adalah terapi lilin. Beli lilin khusus untuk terapi, kemudian dibakar dan dipakai menurut petunjuk. Tapi jika tidak mampu melakukannya sendiri jangan dipaksa. Lebih baik minta tolong pada orang lain atau datang ke ahli terapi lilin.

Ketika Muncul Infeksi

Saat terjadi infeksi pada telinga, segera periksakan diri pada dokter. Ada dua macam infeksi telinga, masing-masing infeksi luar dan infeksi tengah. Infeksi luar biasanya diakibatkan oleh masuknya air kotor ke dalam telinga. Infeksi ini sering memunculkan bengkak, rasa sakit dan disusul dengan keluarnya nanah. Hubungi dokter THT untuk mendapatkan obat antibiotik.

Sedangkan untuk infeksi tengah, bisa berdampak lebih buruk pada gendang telinga. Jika tidak ditangani dengan baik, gendang telinga dapat pecah. Oleh dokter spesialis THT, gangguan ini biasanya diatasi dengan pemberian obat tetes antibiotik.

Kemudian yang terakhir, apabila merasa gatal jangan menggaruk telinga secara langsung agar terhindar dari infeksi. Apalagi jika rasa gatalnya terlalu berlebihan dan terjadi terus menerus, tidak boleh disepelekan begitu saja. Lebih baik konsultasi dengan dokter agar bisa mendapat petunjuk lebih tepat untuk menjaga kesehatan telinga sehingga rasa gatal tidak muncul lagi.

"Seketika Dpt Untung dari Dropship"Action
+ +