Vidskippy 2.0

Beli Rumah Bekas yang Tepat Inilah Tipsnya

Membeli rumah yang sebelumnya sudah pernah dihuni orang lain alias rumah bekas dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan pokok berupa tempat hunian. Mengapa? Selain lebih mudah tentu dengan membeli rumah bekas Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Tips Membeli Rumah Bekas

Berikut ini ada beberapa tips membeli rumah bekas yang perlu Anda ketahui.

1.Membeli langsung melalui pemiliknya tanpa melalui perantara
Tips membeli rumah bekas pertama ialah lebih disarankan untuk membeli rumah berstatus bekas langsung kepada pemiliknya, karena Anda dapat menanyakan secara langsung mengenai berbagai hal tentang rumah tersebut. Misalkan bertanya tentang awal rumah dibangun, tentang lingkungan sekitar, tentang alasan rumah dijual, tentang kondisi detail rumah dan lain sebagainya.

Kelebihan lain apabila Anda membeli tanpa perantara yaitu bebas bernegosiasi dengan pemilik. Dengan begitu Anda akan memperoleh harga rumah bekas yang lebih murah, bila dibandingkan membeli melalui perantara. Pembeli dapat lebih optimal untuk lakukan tawar-menawar. Di pihak pemilik rumah pun tak lakukan tahan harga, sebab pemilik rumah tak perlu membayarkan sejumlah komisi untuk pihak perantara.

2.Pilihlah broker atau perantara yang terpercaya
Apabila Anda telah terlanjur menyukai sebuah rumah tetapi harus membeli melalui perantara atau broker, maka pastikanlah lebih dulu bahwa broker tersebut terpercaya. Pastikan Anda memakai jasa broker properti berkredibilitas tinggi dan terpercaya.

Dengan demikian, jasa broker tersebut akan berikan pelayanan dan mengurus dokumen dengan baik terkait jual beli rumah yang Anda inginkan. Bahkan sebagian broker terpercaya dapat membantu mengurus KPR apabila Anda ingin transaksi kredit.

3.Ketahui usia rumah dan tanyakan kondisi detail rumah
Sebelum membeli rumah yang menarik hati Anda, tips membeli rumah bekas selanjutnya ialah ketahui usia rumah tersebut. Hal itu akan pengaruhi harga dari rumah bekas tersebut. Apabila usia rumah kurang dari 8 tahun maka terbilang baru. Sedangkan bila usia rumah lebih dari 15 tahun maka sebaiknya Anda perhatikan kondisi rumah secara detail. Tanyakanlah kapan terakhir kali rumah tersebut direnovasi.

Berbagai hal lainnya yang juga perlu Anda ketahui ialah kualitas bahan bangunan dan tanyakan kondisi kayu yang digunakan untuk bangunan dan detail kondisi lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian pembeli rumah bekas tidak mengetahui detail kondisi sebelum membeli misalkan kayu rumah diantara kusen atau kayu atap yang telah digerogoti rayap, toilet yang bermasalah maupun detail kondisi lainnya.

Seringkali pihak pemilik atau pun broker tidak menjelaskan detail kondisi apabila pihak pembeli tidak menanyakannya. Semakin tua usia sebuah rumah, umumnya harga semakin turun karena pihak pembeli pun akan mengeluarkan biaya untuk renovasi.

4.Cermati lingkungan sekitar
Sebelum membeli rumah, tips membeli rumah bekas selanjutnya ialah cermatilah lingkungan sekitar rumah. Hal ini sangat penting sebab akan mempengaruhi anak-anak dan pasangan. Lingkungan sekitar rumah yang buruk dapat mempengaruhi anak dan pasangan.

5.Legalitas
Sebelum kesepakatan membeli rumah tips membeli rumah bekas selanjutnya ialah memastikan seluruh sertifikat lengkap dan tidak bermasalah dengan pihak lain misal sengketa. Pastikanlah nama yang tertulis di sertifikat sama dengan namanya si pemilik yang bertransaksi dengan Anda.

Apabila dilihat dari kelebihan dan kekurangannya, membeli rumah baru maupun rumah bekas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Yang terpenting, Anda harus cermat sebelum membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari dengan menerapkan beberapa tips membeli rumah bekas di atas.

"Seketika Dpt Untung dari Dropship"Action
+ +